AKSES MENUJU VILLA HAMBALANG SENTUL

Villa Bukit Hambalang Sentul

VILLA BUKIT HAMBALANG
VILLA BUKIT HAMBALANG

Pada kesempatan ini admin coba menulis tentang Serba Serbi tentang HAMBALANG (Villa Bukit Hambalang), Hambalang adalah sebuah desa yang berada di provinsi Jawa Barat, Tepatnya di Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Nama Hambalang (Bhs Sunda) berarti ‘tangga’, lokasi permukiman kuno dari abad kesembilan M.(Source Wikipedia Indonesia).

Sekilas apabila kita mendengar kata HAMBALANG anda pasti akan dibawa atau teringat KASUS KORUPSI yang melibatkan Pejabat ELit Politik di Negeri Ini. Untuk Kasus tersebut sampai sekarang mungkin masih dalam proses,kita doakan saja semoga kasusnya cepat selesai. Tapi ada hal yang tidak mengenakan gara gara kasus tersebut,KENAPA? Hambalang dan warganya menjadi Ikon dan disebut sebut sebagai Kampung Korupsi. padahal tdidak seperti itu. itulah sebagian Efeknegatif yang ditimbulkan dari KASUS HAMBALANG. Di Luar itu semua Hambalang juga mempunyai Sejarah dan Keindahannya tersendiri.

Lokasi Desa Hambalang cukup strategis, karena secara geografis terletak di perbatasan dua Kecamatan yaitu Kecamatan Citeureup dan Babakan Madang. Di Sebelah Utara, berbatasan Desa Karang Tengah dan disebelah selatan dengan Desa Sumur Batu (Keduanya masuk wilayah kecamatan Babakan Madang). Sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan Desa Tajur dan di sebelah barat dengan Desa Tangkil yang masuk wilayah Kecamatan Citeureup. Kalau anda ingin berkunjung ke Desa Hambalang, Jaraknya tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Kecamatan di Citeureup, sekitar 10-12 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Akses ke Desa Hambalang ada dua, yaitu dapat ditempuh melalui Jalan Raya Pahlawan (Jalan Raya Citeureup-Babakan Madang), kemudian belok kiri melalui Jalan Desa Leuwinutug melewati Desa Tangkil atau bisa melalui Desa Tarikolot lewat Jalan Raya Tajur. Transportasi ke Desa Hambalang dapat dikatakan cukup sulit, karena tidak adanya kendaraan umum yang melintas, selain ojek atau mobil bak terbuka yang mengangkut hasil bumi dari Desa Hambalang. Angkutan Umum dari Terminal Citeureup hanya sampai ke Pasar Ciplak yang terletak di Desa Tajur. Selanjutnya bisa menggunakan jasa ojeg dengan biaya sekira Rp. 5.000.- Rp. 20.000,- (tergantung jarak tempuh).